Sabtu, 12 Mei 2012

Cara MUDAH mengatasi BocoR/RembeS

Bak atau Kolam yang sehari-harinya menampung AIR suatu ketika  akan mengalami RembeS atau BocoR dan ini kerap kali membuat jengkel maupun bingung karena untuk mengatasinya kadang kala cukup sulit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kadang kala mengatasinya tidak cukup sekali.
Dewasa ini sudah banyak tersedia bahan-bahan untuk mengatasi bocor atau rembes tersebut namun dengan biaya lebih besar  antara lain yang mengandung bahan-bahan Polimer additive water proofing integral/concrete admixture dan lainnya seperti  plasticizer semen.
Dari pengalaman saya mengatasi bocor kolam ikan (2 m X 4 m)  saya hanya mempergunakan bubuk semen murni tanpa dicampur pasir atau dibasahi air.
Bahan yang dipergunakan : bubuk semen  sesuai luas kolam atau bak. (paling banyak 2 kg) + Kuas kecil.
Caranya :
- Pertama-tama kolam dikuras sampai habis airnya dan dibersihkan dari lumut atau kotoran kolam.
- Apabila kolam dikeramik,  kuaskan bubuk semen disela-sela NAT pada seluruh permukaan kolam.
- Pada daerah yang tidak Rembes atau Bocor, akan terlihat bubuk semen berwarna abu-abu (warna semen)  dan kering,sedang......
- Pada daerah Rembes atau bocor, bubuk semen akan terlihat selalu basah. Maka pada daerah ini harus diperbanyak pemberian bubuk semen hingga tidak ada lagi warna semen basah alias yang terlihat adalah warna semen kering.
Poskan Komentar